MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM KEJAR PAKET C DI LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL KUNCUP MEKAR KOTA MAGELANG

Rahmatari, Vika (2023) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM KEJAR PAKET C DI LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL KUNCUP MEKAR KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0047_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Vika Rahmatari.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0047_COVER_BAB IV - Vika Rahmatari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0047_COVER_LAMPIRAN - Vika Rahmatari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0047_FULL TEXT - Vika Rahmatari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0047_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Vika Rahmatari.pdf - Published Version

Download (153kB)

Abstract

Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan suatu rancangan yang didalamnya menggambarkan sebuah proses pembelajaran yang dapat dilaksanakan oleh guru atau tutor dalam mentransfer pengetahuan maupun nilai-nilai kepada peserta didik sehingga diharapkan peserta didik dapat meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam. PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) pada Pendidikan kesetaraan menjadi salah satu lembaga Pendidikan Nonformal yang memberikan layanan bagi masyarakat yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maupun bekerja karena berbagai macam faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada program kejar paket C di Lembaga Pendidikan Nonformal Kuncup Mekar Kota Magelang, bagaimana implementasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada program kejar paket C dan Evaluasi pelaksanaan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada program kejar paket C. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan ialah model kontekstual yang dimana pada model ini mengaitkan pengetahuan dengan kehidupan sehari-hari warga belajar. (2) untuk implementasi model pembelajaran ini tutor memberikan pengajaran melalui beberapa metode seperti diskusi, baca, tulis, menyanyi dan pendekatan hati ke seni (3) hasil evaluasi yang dinilai yaitu melalui efektivitas, efisiensi, kecukupan, responsive, dan ketetapan dalam pelaksanaan pembelajaran

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Subur, M.S.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:01
Last Modified: 06 Jun 2024 07:01
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4300

Actions (login required)

View Item View Item