IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 10 MAGELANG

Al Haqqi, Muhammad Rif’an (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 10 MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0044_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Muhammad Rif'an.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0044_COVER_BAB IV - Muhammad Rif'an.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0044_COVER_LAMPIRAN - Muhammad Rif'an.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0044_FULLTEXT - Muhammad Rif'an.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0044_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Muhammad Rif'an.pdf - Published Version

Download (316kB)

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Kurikulum ini dibuat dengan tujuan agar pendidikan di Indonesia bisa seperti negara maju, dimana siswa memiliki kebebasan untuk memilih apa yang ingin mereka pelajari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di SMPN 10 Magelang (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di SMPN 10 Magelang. Pendekatan yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah pendekatan penelititan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di SMPN 10 Magelang memiliki berbagai aspek yaitu: penyusunan perangkat pembelajaran, penciptaan suasana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan penilaian atau evaluasi, dan pelaksanaan P5. Dalam hal ini faktor pendukung dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di SMPN 10 Magelang yaitu; peran guru PAI yang aktif dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran MGMP, lengkapnya sarana dan prasarana yang memadai baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah, terciptanya lingkungan SMPN 10 Magelang yang sangat kondusif serta Pelaksanaan P5 yang berjalan dengan baik. Adapun faktor penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di SMPN 10 Magelang yaitu; siswa pasif dalam pembelajaran dan belum terdokumentasinya penilaian khususnya pada ranah afektif.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:01
Last Modified: 06 Jun 2024 07:01
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item View Item