Maylia, Vina Nurmalita (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBENTUK RELIGIUSITAS SISWA DI SMP NEGERI 10 KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0043_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Vina Nurma.pdf - Published Version Download (597kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0043_COVER_BAB IV - Vina Nurma.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0043_COVER_LAMPIRAN - Vina Nurma.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0043_FULL TEXT - Vina Nurma.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0043_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Vina Nurma.pdf - Accepted Version Download (113kB) |
Abstract
Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini begitu cepat. Pada usia remaja khususnya saat masih SMP, seringkali peserta didik mengalami ketidakstabilan dalam beragama, karena gejolak ketidakstabilan emosi jiwa memengaruhi secara langsung terhadap religiusitas mereka. Sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk kepribadian dan perilaku moralitas pada anak, dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam rangka mengembangkan insan beragama pada anak. Namun demikian, pendidikan saat ini belum sepenuhnya dapat memenuhi tujuan dari Pendidikan Agama Islam itu sendiri. Fenomena itu ditandai dari kondisi moral atau akhlak generasi muda yang rusak. Itu Semua timbul salah satunya karena hilangnya sikap religius. Berangkat dari masalah tersebut fokus penelitian ini kepada bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk religiusitas siswa di SMP Negeri 10 Kota Magelang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk religiusitas siswa serta hal apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan religiusitas siswa. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk religiusitas siswa yaitu dengan memotivasi siswa, membangun kesadaran siswa, menanamkan rasa empati, menerapkan pembiasaan kegiatan keagamaan (Pembiasaan pagi yaitu pembacaan Asmaul Husna dan Juzz amma, kegiatan Imtaq, istighosah atau do’a bersama, kegiatan ngaji dengan metode UMMI, kajian keputrian). Adapun faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana yang memadai, adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak sekolah. Adapun untuk faktor penghambatnya ialah kurangnya perhatian dari orangtua dan sekolah yang terletak di jalan povinsi yang ramai.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:01 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:01 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4298 |
Actions (login required)
View Item |