Sari, Mei Lala (2023) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0031_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (310kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0031_COVER_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0031_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0031_FULL TEXT - Mei Lala Sari.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0031_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORI - Mei Lala Sari.pdf - Published Version Download (141kB) |
Abstract
Salah satu yang tercantum dalam Tujuan Pendidikan Nasional adalah karakter religius yaitu beriman, taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berbudi pekerti luhur. Karakter ini harus tercapai dan diwujudkan oleh setiap sekolah kepada peserta didiknya. Namun demikian, tidak semua sekolah memiliki peserta didik yang berkarakter religius. Berangkat dari hal tersebut, di kota Magelang terdapat sekolah umum yang berbasis religi yaitu SMP Negeri 2 Kota Magelang. Hal ini menarik untuk diteliti. Maka dalam penelitian ini memiliki fokus penelitian peran guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Negeri 2 Kota Magelang. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakter religius siswa, peran guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa, dan problematika solusi dalam meningkatkan karakter religius siswa. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter religius siswa di SMP Negeri 2 Kota Magelang terdapat dalam dimensi peribadatan dan pengamalan yaitu ibadah wajib shalat, membaca Al Quran dan peduli terhadap sesama. Adapun peran guru PAI meliputi perencanaan kegiatan keagamaan, mengoordinir unsur sekolah, menjadi inovator, motivator, fasilitator, pembimbing, dan mengendalikan pembudayaan keagaman di sekolah. Meskipun demikian terdapat problematika yaitu kurangnya kesadaran siswa melakukan kegiatan keagamaan, kompleksnya urusan administrasi, dan pergaulan di luar sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut solusi yang ada yaitu koordinasi kembali dengan pihak terkait dan melibatkan orang tua dalam memantau anak di rumah
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, S.Ag., MA dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:00 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:00 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4295 |
Actions (login required)
View Item |