Nugraheni, Dyah (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SD NEGERI MENAYU 1 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0021_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Dyah Nugraheni.pdf - Published Version Download (545kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0021_COVER_BAB IV - Dyah Nugraheni.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0021_COVER_LAMPIRAN - Dyah Nugraheni.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0021_FULL TEXT - Dyah Nugraheni.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0021_COVER_PERNYATAAN PUBLIKASI - Dyah Nugraheni.pdf - Published Version Download (150kB) |
Abstract
Penelitian tentang Implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup melalui program adiwiyata adalah upaya penyelamatan kerusakan lingkungan hidup melalui pembelajaran dan berbagai kegiatan lingkungan. Adanya perilaku siswa yang membuang sampah sembarangan, mencoret-coret fasilitas, enggan melaksanakan piket, disebabkan karena kurangnya sikap peduli siswa terhadap lingkungan dan diharapkan mampu diminimalisir oleh sekolah dan guru dengan menanamkan pendidikan berwawasan lingkungan kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup melalui program adiwiyata pada siswa kelas 3 SD Negeri Menayu 1 Muntilan beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis pada penelitian ini ada tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup meliputi; Pengembangan materi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan ekstrakulikuler yang terintegrasi dengan pendidikan lingkungan. Adapun faktor pendukung implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di SDN Menayu 1 Muntilan, terdiri dari; partisipasi siswa, faktor pendekatan pembelajaran, lingkungan sekolah dan partisipasi wali murid. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran siswa untuk peduli lingkungan, sulit mengintegrasikan pendidikan agama dengan pendidikan lingkungan dan terdapat beberapa sarana prasarana yang belum terpenuhi
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 06:53 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 06:53 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4292 |
Actions (login required)
View Item |