Palupi, Yogi (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK TUNA NETRA DI SLBN KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0010_COVER_BAB I_BAB II_BAB II_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Yogi Palupi.pdf - Published Version Download (698kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0010_COVER_BAB IV - Yogi Palupi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0010_COVER_LAMPIRAN - Yogi Palupi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0010_FULL TEXT - Yogi Palupi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0010_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Yogi Palupi.pdf - Published Version Download (607kB) |
Abstract
Strategi pembelajaran al-Quran merupakan salah satu materi atau bahan pelajaran dalam Pendidikan Agama Islam yang mengajarkan kepada peserta didik tak terkecuali anak-anak berkebutuhan khusus penyandang tunanetra. Ada hal menarik pada tunanetra, yakni bagaimanakah anak-anak ini belajar membaca al-Qur’an Braille. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pembelajaran PAI khususnya pembelajaran al-Qur’an pada peserta didik tunanetra di SLBN Kota Magelang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran al-Qur’an pada peserta didik tunanetra di SLBN Kota Magelang, dan untuk mengetahui instructional effect dan nurturan effect pada peserta didik tunanetra di SLBN Kota Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstuktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dengan menganalisis data sebelum ke lapangan, kemudian menganalisis data selama di lapangan dengan tahap, mereduksi data dengan mencatat atau merekam data yang didapat di lapangan, menyaikan data yang didapat dan menarik kesimpulan secara garis besar. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan yakni strategi ekspositori dan metode pembelajaran yang digunakan aadalah metode ceramah (percakapan), metode tanya jawab dan metode sorogan. Faktor pendukung yaitu semangat belajar yang tinggi dan dukungan dari orangtua. Faktor penghambat yaitu kurangnya konsentrasi belajar dan prasarana ruang kelas yang kurang memadai. Instructional effect dan nurturan effect pemahaman siswa setelah mengikuti pembelajaran sehingga mereka mampu membaca al-Qur’an Braille dengan baik dan benar sedangkan untuk nurturant effectnya mereka menjadi lebih mudah dalam belajar bukan hanya dari pendengaran akan tetapi pengetahuan bisa diperoleh dengan membaca serta mereka menjadi lebih percaya diri dan mampu berpikir kritis serta lebih bisa berkomunikasi dengan orang lain.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Marwadi, M.Ag dan Subur, M.S.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 06:50 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 06:50 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4285 |
Actions (login required)
View Item |