UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MOVIE LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF MAGERSARI

Indrianty, Resta (2023) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MOVIE LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF MAGERSARI. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0057_COVER_BAB I_II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (529kB)
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0057_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0057_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0057_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0057_COVER_PERNYATAAN REPOSITORI.pdf - Published Version

Download (149kB)

Abstract

Strategi pembelajaran adalah sarana atau alat bantu pendidikan yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sempurna. Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat diketahui dari tingkat penugasan siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu alternatif yang dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa terutama hasil pembelajaran adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran movie learning. Pembelajaran menggunakan strategi movie learning adalah proses pembelajaran yang mengaitkan konsep pembelajaran dengan tayangan film atau movie. Dan tentunya target yang ada dalam pembelajaran ini sudah terangkum di film atau movie tersebut. Adapun penelitian ini adalah untuk menciptakan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di Mi Ma‟arif Magersari Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang terhadap 31 siswa kelas IV dengan memanfaatkan strategi movie learning. Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus dalam setiap siklusnya dilaksanakan 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan rata-rata 67% secara bertahap, pra siklus 29%, kemudian siklus I meningkat menjadi 58%, pada siklus II mendapatkan 77% dan siklus III akumulasi ketuntasan sebesar 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi movie learning bisa dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi kepribadian Nabi Muhammad SAW di MI Ma‟arif Magersari.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Irham Nugroho, M.Pd.I dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:58
Last Modified: 04 Jun 2024 04:58
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item