HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SDIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG

Aishah, Afni (2024) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SDIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
20.0401.0057_COVER BAB I,BAB II,BAB III,BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (570kB)
[img] PDF (Skripsi)
20.0401.0057_COVER_BAB IV - Afni Ais.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] PDF (Skripsi)
20.0401.0057_COVER_LAMPIRAN - Afni Ais.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] PDF (Skripsi)
20.0401.0057_FULL TEXT-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
20.0401.0057_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Afni Ais.pdf - Published Version

Download (500kB)

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia. Nabi Muhammad SAW yang menerima wahyu berupa Al-Qur’an, telah memberi teladan kepada kita semua agar bisa melanjutkan pekerjaan menghafal Al-Qur’an. Begitu banyak manfaat menghafal Al-Qur’an, salah satunya adalah dapat menambah kecerdasan. Motivasi belajar merupakan dorongan untuk melakukan tindakan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana peneliti melakukan serangkaian investigasi sistematika terhadap fenomena dengan mengumpulkan data untuk kemudiandiukur dengan teknik statistic matematika atau komputasi Berdasarkan uji regresi linier berganda, dapat ditunjukkan hasil bahwa:1) Terdapat hubungan positif antara kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar PAI, 2) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI, 3) terdapat hubungan positif antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas IV SDIT Ihsanul Fikri. Jadi, orang tua dan guru sebaiknya memberikan motivasi yang tinggi kepada siswa, agar prestasi belajar siswa juga meningkat.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd dan Subur, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:58
Last Modified: 04 Jun 2024 04:58
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4279

Actions (login required)

View Item View Item