Burhanudin, Muhammad Sokhibul (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI PADA SMA/ SMK SE KECAMATAN BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
21.0406.0022_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - MS Burhanudin.pdf - Published Version Download (475kB) |
|
PDF (Skripsi)
21.0406.0022_COVER_BAB IV - MS Burhanudin.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
PDF (Skripsi)
21.0406.0022_COVER_LAMPIRAN - MS Burhanudin.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Skripsi)
21.0406.0022_FULLTEXT - MS Burhanudin.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
21.0406.0022_COVER_UNGGAH REPOSITORY - MS Burhanudin.pdf - Published Version Download (65kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat religiusitas guru SMA/SMK se Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. (2) Motivasi guru SMA/SMK se Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. (3) Kinerja guru SMA/SMK se Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. (4) Pengaruh religiusitas terhadap kinerja guru melalui motivasi sebagai variabel intervening SMA/SMK se Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif yang bersifat korelasional, yaitu bersifat menanyakan hubungan antara dua atau lebih variabel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMA/ SMK se Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Hasil analisis deskriptif dari penelitian ini menunjukkan bahwa prosentase tertinggi dari variabel religiusitas (X) bahwa dari 62 responden sebesar 56 %, religiusitas guru dalam kategori sangat baik. Sedangkan dari variabel motivasi (Z) sebesar 42 % dalam ketegori baik, adapun kinerja guru sebesar 48 % dalam kategori sangat baik. Kemudian hasil analisis statistic melalui uji path analysis menunjukkan bahwa koefisien beta religiusitas terhadap kinerja guru (X–Y) adalah 0,065. Sedangkan koefisien beta religiusitas terhadap motivasi (X-Z) menunjukkan angka sebesar 0, 593. Jika dibandingkan, pengaruh langsung antara religiusitas guru terhadap kinerja guru (X - Y) dengan pengaruh tidak langsung menggunakan motivasi sebagai variabel intervening, maka (X-Z-Y) > (X-Y) atau 0.406 > 0.065. Ini menunjukkan bahwa pengaruh religiusitas terhadap kinerja guru melalui motivasi sebagai variabel intervening pada guru SMA/ SMK se Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang sangat signifikan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr.Imron, S.Ag., MA, dan Dr. Imam Mawardi, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Religiusitas, Motivasi, Kinerja Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 04:43 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 04:43 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4266 |
Actions (login required)
View Item |