ANALISIS MANAJEMEN DENGAN MODEL CIPP PADA PENDIDIKAN INKLUSI BERBASIS SPIRITUALITAS (STUDI DI SD KECAMATAN MERTOYUDAN MAGELANG)

Wahyuningrum, Zulfa Indra (2024) ANALISIS MANAJEMEN DENGAN MODEL CIPP PADA PENDIDIKAN INKLUSI BERBASIS SPIRITUALITAS (STUDI DI SD KECAMATAN MERTOYUDAN MAGELANG). Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
21.0406.0014_COVER_BAB 1_BAB2_BAB3_BAB5_DAFTAR PUSTAKA - Zulfa Indra.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] PDF (Skripsi)
21.0406.0014_COVER_BAB4 - Zulfa Indra.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] PDF (Skripsi)
21.0406.0014_COVER_LAMPIRAN - Zulfa Indra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] PDF (Skripsi)
21.0406.0014_FULLTEXT - Zulfa Indra.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
21.0406.0014_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Zulfa Indra.pdf - Published Version

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen Pendidikan inklusi pada Pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Mertoyudan. Populasi dalam penelitian ini adaiah siswa berkeutuhan khsuus SDN Pasuruhan 04 dan SDN Banyurojo 02 Magelang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrument penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk validasi data menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen penendidikan inklusi tingkat Pendidikan Sekolah Dasar di SDN Pasuruhan 04 dan SDN Banyurojo 02 adalah menggunakan metode PPI sederhana dengan kompetensi guru pengajar yang ada yaitu wali kelas, dan evaluasinya menggunakan metode CIPP sederhana dengan fasilitas dan sarana prasarana sekolah yang ada. Kesimpulan penelitian ini adalah manajemen Pendidikan inklusi Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Mertoyudan masih membutuhkan perhatian dan tindak lanjut agar lebih berkembang termasuk didalamnya peningkatan kompetensi pendidik bagi Sekolah Dasar umum. Saran dari penelitian ini adalah masih ditemukan banyak kekurangan dalam penelitian ini sehingga bisa disempurnakan kedalam penelitian berikutnya

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Dr. Nurodin Usman, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan Inklusi, Spiritualitas, Tingkat Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:42
Last Modified: 04 Jun 2024 04:42
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item View Item