PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MANAJEMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI DI KABUPATEN WONOSOBO

Muhsin, Muhsin (2024) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MANAJEMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI DI KABUPATEN WONOSOBO. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0406.0038_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0406.0038_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0406.0038_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0406.0038_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0406.0038_COVER_REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pgaruh latar belakang pendidikan dan profesionalisme Guru Terhadap Manajemen Penilaian Pembelajaran Pendidikan agama Islam SMP Negeri di kabupaten Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adaiah guru agama Islam SMP Negeri di kabupaten Wonosobo yang berjumlah 107orang. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 40 guru yang ditentukan dengan cara random sampling secara acak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengungkapkan variable latar belakang pendidikan, provesionalisme guru dan manajemen penilaian pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan statistic. Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan profesionalisme guru terhadap manajemen penilaian pembelajaran menggunakan bantuan computer program SPSS20. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linier, dapat disimpulkan bahwa: (1) 29 atau 72,5% guruagama memiliki latar belakang pendidikan agama Islam pada kategori sesuai signifikansi 0,018 sumbangan efektifitas sebesar 12,4%. 2)Profesionalisme guru agama SMP Negeri dikabupaten Wonosobo 28 atau 70% bernilai signifikansi 0,000 sumbangan efektif sebesar 62,7 %.. (3) manajemen penilaian pembelajaran 31 atau 77,5% sangat baik (4)terdapat pengaruh antara latar belakang pendidikan dan profesionalisme guru terhadap manajemen penilaian pembelajaran agama Islam, dengan nilai signifikansi 0,000 secara bersama berpengaruh 75,1%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imron, M.A dan Dr. Imam Mawardi, M.Ag
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:41
Last Modified: 04 Jun 2024 04:41
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4262

Actions (login required)

View Item View Item