ANALISIS FAKTOR STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA KELAS 7 DAN 8 SMPN 11 MAGELANG DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

Nisaa, Urmilla Fakhrun (2024) ANALISIS FAKTOR STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA KELAS 7 DAN 8 SMPN 11 MAGELANG DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0801.0026_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Urmilla Nisaa.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0801.0026_COVER_BAB IV - Urmilla Nisaa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0801.0026_COVER_LAMPIRAN - Urmilla Nisaa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0801.0026_FULLTEXT - Urmilla Nisaa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0801.0026_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Urmilla Nisaa.pdf - Published Version

Download (208kB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang memfokuskan kepada siswa sedangkan guru hanya menjadi fasilitator, karena kurikulum ini menekankan pada peran aktif siswa di dalam pembelajaran maka hal tersebut berkaitan dengan permasalahan student engagement. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis student engagement pada siswa kelas 7 dan 8 SMPN 11 Magelang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi student engagement dalam pembelajaran kurikulum merdeka. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan FGD (focus group discussion) yang dilakukan kepada siswa dan guru. Peneliti menggunakan analisis data berupa reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Student engagement siswa kelas 7 dan 8 SMPN 11 Magelang belum baik terutama dalam aspek behavioral dan cognitive, namun secara emotional sudah baik. Faktor yang memengaruhi student engagement adalah metode ajar guru, sarana prasarana, teman sebaya, guru yang tidak menyenangkan, ketidakmandirian siswa dalam belajar, dan kurangnya dukungan orang tua. Dukungan guru, baik dari segi akademik maupun interpersonal, menjadi faktor dominan yang memengaruhi keterlibatan siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Hermahayu, M.Si
Uncontrolled Keywords: keterlibatan siswa, student engagement, kurikulum merdeka, siswa smp
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:07
Last Modified: 04 Jun 2024 04:07
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4189

Actions (login required)

View Item View Item