Pramudeva, Vinia Okta Fabiola (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG PEKERJAAN UMUM DALAM MEWUJUDKAN KESEAJAHTERAAN MASYARAKAT DI KOTA MAGELANG TAHUN 2019-2021. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
18.0201.0055_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Vinia Okta.pdf - Published Version Download (606kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
18.0201.0055_BAB IV - Vinia Okta.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0201.0055_LAMPIRAN - Vinia Okta.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0201.0055_FULLTEXT - Vinia Okta.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
18.0201.0055_COVER_REPOSITORI - Vinia Okta.pdf - Published Version Download (378kB) | Preview |
Abstract
Standar pelayanan minimal adalah Standar Pelayanan Minimal, yang selanjutnya disingkat SPM adalah ketentuan mengenai Jenis dan Mutu Pelayanan Dasar yang merupakan Urusan Pemerintahan Wajib yang berhak diperoleh setiap Warga Negara secara minimal. Dalam Peraturan Menteri No 1 Tahun 2014 yang mengatur tentang SPM pekerjaan umum mengatur menegnai target SPM dengan batas waktu capaian 2014- 2019 dengan 16 indikator. Yang kemudian peraturan tersebut diubah dengan peraturan menteri yang baru Peraturan Menteri PUPR No 29 Tahun 2018 dengan jenis Pelayanan Dasar Indikator diperuntukan untuk Kabupaten/Kota dengan capaian target indikator spm 100% sesuai target nasional. Dimana setiap daerah harus memenuhi standar yang telah ditetapakan oleh pemerintah dengan memperhatikan kondisi atau kemampuan yang menjadi urusannya. Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2) huruf a pada SPM Pekerjaan Umum Pemerintah Daerah kabupaten/kota terdiri atas: pemenuhan kebutuhan pokok air minum sehari- hari; dan penyediaan pelayanan pengolahan Air Limbah Domestik. Permasalahan ini muncul dikarenakan pada kenyataannya pelayanan dasar pada standar pelayanan minimal pekerjaan umum Kota Magelang belum memenuhi target yang ditentukan. Pemerintah daerah belum maksimal dalam menyelenggarakan pelayanan. Sehingga mengakibatkan hak yang diperoleh warga terhambat, yang diakibatkan belum terpenuhinya target SPM pekerjaan umum setiap Indikator yaitu 100% setiap tahunya. Penelitian ini melihat bagaiamana pengimplementasian standar pelayanan minimal bidang pekerjaan umum dan apa yang menghambat pengimplementasian standar pelayanan minimal pekerjaan umum dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan Teori Edward III yaitu dilihaat dari Aspek Komunikasi, Aspek Sumber Daya, Aspek Disposisi, dan Aspek Struktur Birokrasi. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian yuridis empiris atau penelitian hukum sosiologis dengan pendekatan penelitian yaitu pendekatan sosiologi. Dengan objek penelitian Dinas Pekerjaan Umum Kota Magelang, sumber data berasal dari sumber data primer melalui hasil wawancara, sumber data sekunder diperoleh yaitu dari bahan pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku, kamus, Undang-undang, dan lain sebagainya. Teknik pengambilan data diambil dari wawancara dan perundang-undangan yang berlaku, internet, jurnal, maupun literatur-literatur lainnya. Analisis data yang digunakan Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif Penggunaan analisis kualitatif. Dalam penelitian hukum ini dilakukan karena, data yang terkumpul berupa kalimat-kalimat pernyataan, data yang terkumpul umumnya berupa informasi, hubungan antar variable tidak dapat diukur dengan angka. Alasan Kinerja SPM pekerjaan umum Kota Magelang Tahun 2019-2021 dengan 2 Indikator belum dapat terpenuhi 100% setiap tahunya dipengaruhi oleh kurangnya Aspek komunikasi dari Pelaksana SPM, Kurangnya Aspek Sumber Daya (SDM, Anggaran, fasilitas, kurangnya aspek disposisi (komitmen).
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Habib Muhsin Syafingi, S.H., M.H. dan Suharso, S.H., M.H. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Pemenuhan; SPM |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 03:48 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 03:48 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3904 |
Actions (login required)
View Item |