Rini, Putri Sulistiyo (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU HIDUP ITU HARUS PINTAR NGEGAS DAN NGEREM KARYA EMHA AINUN NADJIB. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0033_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (325kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0033_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
19.0401.0033_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
19.0401.0033_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0033_COVER_REPOSITORY.pdf - Published Version Download (259kB) | Preview |
Abstract
Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan bantuan dari orang lain untuk mencapai tujuan dalam hidup yakni kebahagiaan dunia dan akhirat. Tujuan ini harus ditempuh dengan perbuatan baik manusia yang salah satunya dapat diperoleh dari faktor lingkungan seperti dari proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Nilai-nilai pendidikan Islam yang dipelajari seseorang bisa bersumber dari banyak hal, salah satunya dari buku karya sastra berjudul Hidup Itu Harus Pintar Ngegas dan Ngerem Karya Emha Ainun Nadjib. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Hidup Itu Harus Pintar Ngegas dan Ngerem Karya Emha Ainun Nadjib. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode dokumentasi melalui buku. Peneliti menggunakan analisis isi (content analysis) sebagai teknik analisis data. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Hidup Itu Harus Pintar Ngegas dan Ngerem meliputi nilai aqidah yang terangkum dalam rukun iman, kemudian nilai akhlak meliputi berbaik sangka, syukur, disiplin, memuliakan tamu, muhasabah diri, toleransi, serta selalu sabar dan ikhlas, selanjutnya nilai syariah meliputi amalan dan ibadah sehari-hari seperti sholat, puasa. 2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang ditemukan memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan Islam, yang secara hakiki menjadikan manusia sebagai makhluk Allah SWT yang memenuhi konsep insan kamil, berakhlak mulia, serta selalu beribadah hanya kepada Allah SWT
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. M. Tohirin, M.Ag (NIDN 0630127101) dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I (NIDN 0624048601) |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan islam, konsep insan dan akhlak mulia |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 03:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 03:34 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3897 |
Actions (login required)
View Item |