Huda, Kafin Alamul (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) DI SMA NEGERI 1 NGLUWAR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0055_COVER_BAB l_BAB ll_BAB lll_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (334kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0055_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0055_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0055_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0055_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (167kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam proses penanaman nilai-nilai akhlakul karimah terhadap siswa. Karena guru memiliki tanggung jawab besar dalam kegiatan pembelajaran. Akhlak dan karakter yang baik salah satunya dapat diciptakan melalui peran guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan akhlakul karimah siswa. (2) mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah melalui Implementasi Kurikulum Merdeka. (3) mendeskripsikan problematika dan solusi terhadap penanaman akhlakul karimah melalui Implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini berjenis field research yang menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) akhlakul karimah siswa SMA Negeri 1 Ngluwar masuk kategori akhlak baik. Dengan perolehan data mengenai akhlak siswa kepada guru, akhlak siswa kepada orang tua, dan akhlak siswa kepada teman siswa lainnya. (2) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah adalah sebagai berikut: (a) guru sebagai pendidik, (b) guru sebagai pembina, (c) guru sebagai pembimbing, dan (d) guru sebagai penilai. (3) problematika dan solusi terhadap penanaman nilai-nilai akhlakul karimah adalah sebagai berikut: (a) problematikanya ialah pergaulan, keluarga dan kurangnya perhatian orang tua, serta kurangnya pengawasan terhadap penggunaan handphone atau social media. (b) solusinya ialah (1) sebagai guru terus memberikan arahan dan pengertian kepada siswa dan memberikan pemahaman melalui pembelajaran PAI, (2) bekerja sama dengan orang tua siswa, (3) melakukan pendekatan dan pendampingan kepada siswa serta memberikan pemahaman tentang baik buruknya bermain handphone atau social media.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, MA. (NIDN 0618077302) dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I (NIDN 0624048601) |
Uncontrolled Keywords: | Peran duru dan pendidikan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 03:11 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 03:11 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3892 |
Actions (login required)
View Item |