Haris, Akmal Syakdan (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH TAMANAGUNG MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0031_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (721kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0031_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0031_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0031_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0031_COVER_PERNYATAAN REPOSITORI.pdf - Published Version Download (263kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan metode jigsaw, dan (2) mengetahui perbedaan antara minat belajar siswa yang menggunakan metode jigsaw dengan yang menggunakan metode ceramah. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampelnya adalah kelas eksperimen IV A berjumlah 31 peserta didik dan kelas kontrol IV B berjumlah 31 peserta didik. Untuk mengetahui minat belajar menggunakan data pre test dan post test. Data respon peserta didik didapatkan melalui pre test dan post test. Hasil analisis data nilai peserta didik didapatkan nilai rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 65,97 dan nilai rata-rata post test sebesar 90,97. Sedangkan nilai rata-rata pre test kelas kontrol sebesar 61,13 dan nilai rata-rata post test sebesar 74,19. Hasil sinifikasi diperoleh sig hitung = 8,938>a = 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe jigsaw efektif terhadap minat belajar siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd (NIDN 0604066702) dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I (NIDN 0601118602) |
Uncontrolled Keywords: | Metode Cooperative Learning, Model Jigsaw, dan Minat Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 02:58 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 02:58 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3888 |
Actions (login required)
View Item |