Ulum, Muhammad Bahrul (2023) PERAN GURU PAI DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DI SDN GEBLOG KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGUNG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0020_COVER_BAB I_BAB II_ BAB III_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (889kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0020_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0020_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0020_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0020_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (150kB) | Preview |
Abstract
Konflik demi kepentingan agama kerap terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Insiden kekerasan atas nama agama suku, ras dan budaya tidak bisa dielakan karena negara Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya yang beragam. Kilatan penghinaan, kebrutalan, dan pencemaran nama baik mungkin terjadi karena ketersinggungan antar golongan. Jika tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi ledakan yang dapat meledakkan dan melenyapkan tatanan masyarakat Indonesia yang sudah mapan. Moderasi beragama sebagai cara pandang mampu menjadi solusi untuk saling terbuka, menerima perbedaan, dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang Peran Guru PAI Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama di SDN Gbelog Kec kaloran Kab Temanggung. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data primer guru PAI dan data sekunder kepala sekolah dan peserta didik. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, keabsahan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Peran guru PAI dalam membangun moderasi beragama di SDN Geblog Kaloran Temanggung meliputi: a. Conservator guru PAI sebagai Conservator atau bertanggung jawab akan sikapnya, b. Guru PAI bertindak sebagai motivator dan pembimbing, c. Guru PAI sebagai Innovator berkolaborasi dengan semua guru dari berbagai agama, d. Guru PAI sebagai Organizer melaksanakan kegiatan yang diinovasikan. 2) Prinsip-prinsip moderasi beragama yang dibagun meliputi; adil (adl), seimbang (tawazun), kesederhanaan (I’tidal), kesatuan dan persaudaraan (ittihad wa ukuwah). 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam membangun moderasi beragama di sekolah meliputi: Faktor Pendukung yaitu guru PAI memiliki kapasitas diri yang sangat mendukung untuk membangun moderasi beragama. Kemudian lingkungan masyarakat yang mendukung terhadap kegiatan sekolah. Adapun faktor penghambat antara lain usia murid sangat berpengaruh untuk pelaksanaan program bina keagamaan. Terbatasnya fasilitas sekolah, sebagai tempat proses pembimbingan keagamaan seperti tidak memiliki musholla.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moderasi agama, conservator dan motivator |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 02:56 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 02:56 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3882 |
Actions (login required)
View Item |