Al Adawiyah, Robi’ah (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AQIDAH DALAM KITAB TAJUL ‘ARUS KARYA TAJUDDIN IBN ‘ATHOILLAH AS-SAKANDARI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0010_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (467kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0010_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0010_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0010_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0010_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (361kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan aqidah di lingkungan pendidikan ataupun masyarakat. Perkembangan zaman menjadi tantangan bagi pengembangan nilai aqidah baik di lingkungan pendidikan ataupun masyarakat. Arus globalisasi membawa pola kehidupan yang material, individual, dan beberapa pola-pola hidup yang berlebihan dalam mengikuti budaya barat, akibatnya nilai akidah di tengah masyarakat semakin kabur. Oleh karena itu perlunya alternatif-alternatif yang digunakan untuk keperluan pendidikan aqidah. Salah satu alternatif lain yang dapat menjadi media pendidikan aqidah adalah kitab Tajul ‘Arus. Kitab ini sangat baik untuk dibaca dan dikaji untuk memperkokoh aqidah karena di dalamnya memberikan pemahaman mengenai nilai-nilai pendidikan aqidah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai-nilai pendidikan aqidah di dalam kitab Tajul ‘Arus. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama, dan acuan pokok di dalam penelitian ini adalah kitab Tajul ‘Arus. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari sumber utama serta mengeksplorasi informasi dengan dukungan sumber sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya nilai-nilai pendidikan aqidah di dalam kitab tajul ‘arus karya Tajuddin Ibn ‘Athoillah As-Sakandari, yaitu: (1). Nilai Rububiyah berupa merawat dan menjaga segala ciptaan Allah, mensyukuri pemberian Allah, dan ridho terhadap apa yang sudah menjadi rancangan dan ketetapan Allah., (2). Nilai Uluhiyah berupa tidak menduakan Allah sebagai Tuhan, taubat kepada Allah, ittiba’ Rosul, mengingat Allah dengan berdzikir, berkhidmat kepada Allah dengan sholat, mencintai Allah dengan cara istiqomah dalam beribadah kepada Allah dan mendekatkan diri kepada Allah dengan menuntut ilmu, dan (3). Nilai Asma’ Wa Sifat, berupa memuji Allah dengan Asma-asma-Nya, bersyukur kepada Allah, ikhlas dalam memberi sesuatu pada orang lain, menerima segala kehendak Allah, serta meninggalkan keburukan dan berbuat kebajikan. Selain itu penelitian ini juga menunjukkan adanya relevansi pendidikan aqidah dalam kitab Tajul ‘Arus karya Tajuddin Ibn ‘Athoillah As-Sakandari dengan sistem pendidikan islam yaitu: (1). Tujuan pendidikan Islam. Relevansinya yaitu tujuan dan usahanya untuk menjadikan individu yang beriman kepada Allah serta menjadi hamba yang bertakwa kepada-Nya. (2). Materi pendidikan Islam. Relevansinya yaitu memuat materi aqidah (tauhid) berupa nilai-nilai dalam mengesakan Allah pada Rububiyah, Uluhiyah, dan Asma’ Wa Sifat-Nya.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd (NIDN 0604066702) dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I (NIDN 0601118602) |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan akidah, dan Pola hidup |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 02:55 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 02:55 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3880 |
Actions (login required)
View Item |