KORELASI ANTARA RUTINITAS MENGAJI DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Suprapmanto, Joko (2017) KORELASI ANTARA RUTINITAS MENGAJI DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0168_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0168_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0168_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0168_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara rutinitas mengaji dan perhatian orang tua Mengaji merupakan aktivitas belajar membaca dan memahami Al Qur`an sedangkan perhatian orang tua merupakan fokus perhatian orang tua pada anak yang merupakan bentuk kasih sayang terhadap anak. Subjek penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier ganda. Metodologi pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket. Data yang diambil yaitu dokumentasi nilai raport siswa dan absensi mengaji siswa serta skor angket perhatian orang tua. Skor hasil dokumentasi dan angket dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 23.0 for windows. Berdasarkan analisis korelasi sederhana antara rutinitas mengaji dengan perhatian orang tua diperoleh hasil uji Fhitung : F tabel adalah 10.792 > 3.232. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang signifkan antara variabel rutinitas mengaji dengan prestasi belajar siswa Analisis selanjutnya analisis regresi sederhana antara variabel perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa dengan hasil nilai uji Fhitung : F tabel adalah 13.588> 3.232 sehingga dapat dikatakan hasilnya terjadi hubungan positif dan selanjutnya analisis regresi linier ganda hubungan antara rutinitas mengaji dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa. Adapun hasil analisisnya Fhitung : F tabel adalah 7.870 > 3.232, dengan taraf signifikan sebesar 24.7% sehingga dapat dikatakan terjadi hubungan positif yang signifikan

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Bapak Drs. Arie Supriyatna, M.Si.(0012045601) dan Ibu Galih Istiningsih, M.Pd.(0619018901)
Uncontrolled Keywords: Rutinitas Mengaji, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:09
Last Modified: 23 Sep 2019 03:09
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item