STUDI PERBANDINGAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn

Suradi, Agus (2017) STUDI PERBANDINGAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0040 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0040 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0040 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0040 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn kelas IV dan V SD Negeri Donorojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis komparasi dengan melibatkan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Gaya belajar visual, Gaya belajar auditori, dan Gaya belajar kinestetik sebagai variabel bebas, dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Penelitian ini melibatkan kelas IV dan kelas V dengan sampel 52 siswa dari 52 anggota populasi. Penentuan sampel berdasar teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunkan analisis multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual sebanyak 17 siswa dengan presentase 32,69%, gaya belajar auditori sebanyak 23 siswa dengan presentase 44,32%, dan gaya belajar kinestetik sebanyak 12 siswa dengan presentase 23,08%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar auditori paling tinggi kontribusinya pada prestasi belajar PKn dibandingkan gaya belajar visual dan kinestetik. Hal ini ditunjukkan dengan variabel untuk X1 dengan prestasi belajar PKn diperoleh Fhitung 0.074<Ftabel4,03 dan diperoleh sig 0,657>0,05. 2), Nilai perbandingan variabel untuk X2 terhadap prestasi belajar PKn diperoleh Fhitung 12,044>Ftabel 4,03 dan diperoleh sig 0,037 < 0,05. 3). Nilai perbandingan variabel untuk X3 terhadap prestasi belajar PKn diperoleh Fhitung0.051<Ftabel4,03 dan diperoleh sig 0,806>0,05. Berarti terdapat perbedaan siswa yang mempunyai gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dengan prestasi belajar PKn SD Negeri Donorojo Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M. Pd(0007085701) dan Rasidi, M.Pd(0620098801)
Uncontrolled Keywords: gaya visual, gaya auditori, gaya kinestetik, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:19
Last Modified: 19 Sep 2019 03:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item