PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA

Nurjanah, Nurjanah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa Kelas IV SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan subjek penelitian siswa kelas IV A dan B SDIT Ihsanul Fikri pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa. Desain penelitian menggunakan True Experimental Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 30 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dipakai meliputi dokumentasi, observasi, test. Teknik analisis data digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t test . Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Children Learning In Science (CLIS) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SDIT Ihsanul Fikri dengan bukti perhitungan rata-rata pengukuran awal (pretest) sebesar 80,68 lebih rendah daripada rata-rata pengukuran akhir (postest) sebesar 89,20. Peningkatan hasil belajar sebanyak 8,52.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons.(0008015701) dan M. A Noviudin Pritama, M.Pd.(0625118801)
Uncontrolled Keywords: Model Children Learning In Science (CLIS), hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:29
Last Modified: 19 Sep 2019 02:29
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item