Nurjanah, Nurjanah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (743kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa Kelas IV SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan subjek penelitian siswa kelas IV A dan B SDIT Ihsanul Fikri pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa. Desain penelitian menggunakan True Experimental Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 30 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dipakai meliputi dokumentasi, observasi, test. Teknik analisis data digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t test . Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Children Learning In Science (CLIS) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SDIT Ihsanul Fikri dengan bukti perhitungan rata-rata pengukuran awal (pretest) sebesar 80,68 lebih rendah daripada rata-rata pengukuran akhir (postest) sebesar 89,20. Peningkatan hasil belajar sebanyak 8,52.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons.(0008015701) dan M. A Noviudin Pritama, M.Pd.(0625118801) |
Uncontrolled Keywords: | Model Children Learning In Science (CLIS), hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 02:29 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 02:29 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/502 |
Actions (login required)
View Item |