PENGARUH PENGGUNAAN METODE READING ALOUD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JAWA SISWA KELAS III SD IT MUHAMMADIYAH BANDONGAN

Dewi, Intan Sari (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE READING ALOUD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JAWA SISWA KELAS III SD IT MUHAMMADIYAH BANDONGAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0182_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0182_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0182_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0182_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reading aloud terhadap peningkatan keterampilan membaca bahasa Jawa siswa Kelas III SD IT Muhammadiyah Bandongan tahun ajaran 2015/2016. Desian penelitian ini adalah true experimental design dengan model pre test post test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD IT Muhammadiyah Bandongan, dengan sampel kelas IIIA berjumlah 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan IIIB berjumlah 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Dengan teknik pengambilan data simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu metode reading aloud (variabel bebas) dan keterampilan membaca bahasa jawa (variabel independen). Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes, yang dianalisis menggunakan analisis statistic parametrik dengan teknik analisis data menggunakan pengujian independent sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode reading aloud berpengaruh terhadap keterampilan membaca bahasa jawa. Hal tersebut dibuktikan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, uji hipotesis diperoleh hasil thitung> ttabel yaitu (2,491> 2,011). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan anatara postest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501) dan Tabah Subekti, M.Pd (0601118402)
Uncontrolled Keywords: Reading Aloud, Keterampilan Membaca Bahasa Jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:52
Last Modified: 19 Sep 2019 01:52
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item