ANALISIS SERVICE QUALITY LAYANAN NON AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG

Pratama, Gilang Adhi Priambudi (2023) ANALISIS SERVICE QUALITY LAYANAN NON AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0501.0014_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Gilang Adhi Priambudi Pratama.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0501.0014_COVER_BAB IV - Gilang Adhi Priambudi Pratama.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0501.0014_COVER_LAMPIRAN - Gilang Adhi Priambudi Pratama.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0501.0014_FULLTEXT - Gilang Adhi Priambudi Pratama.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0501.0014_COVER_UNGGAHAN REPOSITORY - Gilang Adhi Priambudi Pratama.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview

Abstract

Universitas Muhammadiyah Magelang merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang berdiri pada tanggal 31 Agustus 1964 dibawah naungan organisasi muslim Muhammadiyah. Tidak hanya dosen dan mahasiswa, karyawan juga harus memiliki kualitas yang baik sehingga dapat saling bersinergi untuk menciptakan kualitas pendidikan. Segala aspek dalam pelayanan baik penampilan, keterampilan, kedisiplinan, keahlian akan menunjukkan seberapa berkualitas pelayanan tersebut. Lembaga Pelayanan Akademik dan Biro Keuangan merupakan lembaga non akademik yang paling sering berinteraksi dengan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menyusun respon usulan perbaikan guna meningkatkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan mahasiswa. Dengan adanya analisis Sevqual dapat diketahui bahwa adanya nilai kesenjangan yang negatif shingga dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan belum sesuai dengan harapan mahasiswa. Quality Function Deployment (QFD) dan Importance Performance Analysis (IPA) merupakan metode yang digunakan untuk menentukan prioritas perbaikan. Pada metode Importance Performance Analysis yang terintegrasi dengan kuadran I diagram kartesius didapat rancangan peningkatan kualitas pada atribut ketersediaan karyawan untuk memberikan pelayanan, ketepatan waktu pelayanan, keterampilan karyawan apabila terjadi masalah dalam pelayanan, kesigapan dan kecekatan karyawan dalam memberikan pelayanan, karyawan memberikan informasi dan keterangan pasti, serta perlu adanya peningkatan kemampuan karyawan dalam memberikan solusi. Berdasarkan pengolahan data dengan House of Quality terdapat 5 (lima) respon teknis utama yang perlu tindakan lebih lanjut yaitu evaluasi dan pelatihan kinerja karyawan dengan nilai AW sebesar 286,16, manajemen sumber daya manusia dengan nilai AW sebesar 148,62, mengarahkan prosedur sesuai aturan dengan nilai AW sebesar 63,76, menindaklanjuti permasalahan mahasiswa sesuai laporan yang diterima dengan nilai AW sebesar 62,38 dan penambahan jumlah karyawan dengan nilai AW sebesar 45,77.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ir. Eko Muh Widodo, M.T., dan M. Imron Rosyidi, S.T., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: House of quality, Importance Performance Analysis, Servqual
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:11
Last Modified: 15 Aug 2023 04:11
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item