PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA JAMSUT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Desa Ketawangrejo,Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo

Susanti, Novi (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA JAMSUT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Desa Ketawangrejo,Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0207_BAB I-BAB II-BAB III-BAB V-DAFTAR PUSTAKA - Novi Susanti.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0207_BAB IV - Novi Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0207_LAMPIRAN - Novi Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0207_FULLTEXT - Novi Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0207_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Novi Susanti.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media jamsut terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV Desa Ketawangrejo Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Grup Pretest-Posttest. Sampel yang diambil sebanyak 15 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampeling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Paired Samples t-tes dengan program SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Kontekstual berbantuan Media jamsut ada pengaruh terhadap hasil belajar Matematika. Bukti adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest yaitu nilai rata-rata pretest 60,6 sedangkan rata-rata nilai posttest 77,3. Berdasarkan uji t diperoleh nilai –t tabel > t hitung > t tabel yaitu (-2.086 > - 6,608 atau 6,608 > 2.045), dengan sig = 0.000 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat perbedaan yang signifikan Kesimpulannya adalah ada pengaruh model kontekstual berbantuan media jamsut terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ari Suryawan, M.Pd. dan Agristo Bintang A.P, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Kontekstual, Media Jamsut, Hasil BelajarMatematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:16
Last Modified: 16 Nov 2021 03:16
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3298

Actions (login required)

View Item View Item