Afandi, Diannova Septiana (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA MOSGAYASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn (Penelitian pada Siswa Kelas V Desa Trasan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0152_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - diannova Septiana Afandi.pdf - Published Version Download (811kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0152_BAB IV - diannova Septiana Afandi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0152_LAMPIRAN - diannova Septiana Afandi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0152_Fulltext - diannova Septiana Afandi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0152_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - diannova Septiana Afandi.pdf - Published Version Download (313kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Division) berbantuan media Mosgayasi terhadap hasil belajar PKn. Model pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Division) berbantuan media Mosgayasi diharapkan dapat meningkatkan terhadap hasil belajar PKn. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment design (penelitian pre-eksperimen) dengan model The One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Desa Trasan dengan jumlah sampel 20 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Analisis data menggunakan teknik statistic nonparametric yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Division) berbantuan media Mosgayasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn. Hasil ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon dengan nilai Z sebesar -3.934 dan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < (0,05). Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Division) berbantuan media Mosgayasi berpengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V Desa Trasan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si. dan Septiyati Purwandari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Student Teams Achievement Division, hasil belajar PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:31 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:31 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3283 |
Actions (login required)
View Item |