PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 3 MAGELANG

Fahreza, Fella Zuhra (2019) PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 3 MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0038 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0038 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0038 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0038 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0038 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al-Qur‟an terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X SMA Negeri 3 Magelang yang berjumlah 254. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 34 siswa yang ditentukan dengan cara simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes yang digunakan untuk mengungkapkan variabel kemampuan baca tulis Al-Qur‟an dan hasil belajar Siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui pengaruh kemampuan baca tulis al-qur‟an dan hasil belajar siswamenggunakan bantuan komputer program SPSS for windows versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan baca tulis al-qur‟an di SMA Negeri 3 Magelang yang berada dalam kategori kurang adalah sebanyak 2 responden dengan prosentase 6%, yang berada dalam kategori cukup adalah sebanyak 18 responden dengan prosentase 53%, dan yang memiliki kemampuan baca tulis al-qur‟an dalam kategori baik yaitu sebanyak 14 responden dengan prosentase 41%, maka kemampuan baca tulis al-qur‟an tergolong cukup dengan 18 responden dengan prosentase 53%. Selanjutnya hasil belajar pendidikan agama islam berada dalam kategori cukup yaitu sebanyak 34 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan, atau mencapai standar KKM, yaitu dengan rincian 1 orang mendapat nilai sangat baik yaitu 91 dengan presentase 3%, dan responden yang mendapat nilai baik yaitu terdapat 14 siswa dengan presentase 41%, dan yang mendapat nilai cukup atau berada pada standar KKM yaitu terdapat 19 siswa dengan presentase 56%. Maka dapat diketahui Rata-rata hasil belajar PAI yang telah dicapai peserta didik dari 34 sampel yang diteliti adalah 2710:34 = 79, yang berarti hasil belajar pai berada pada kategori cukup dan mencapai nilai standar KKM (tuntas). Berdasarkan data tersebut maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar PAI di SMA Negeri 3 Magelang dapat dikategorikan cukup. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh antara Kemampuan Baca Tulis Al-Qur‟an terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Magelang.. Hal itu dibuktikan karena perolehan nilai r hitung yaitu 0,479 lebih besar dari r tabel yaitu 0,339. Jika dikonsultasikan pada tabel interpretasi maka tingkat koefisien korelasi berada dalam kategori cukup. Besarnya pengaruh variabel kemampuan baca tulis al-qur‟an terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI, diketahui dengan rumus koefisien determinasi sebesar 23%, sedangkan sisanya sebesar 87% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imron, M.A dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis Al-Qur'an, Hasil Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 May 2019 04:03
Last Modified: 10 May 2019 04:03
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item