PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN LABYRINTH BOARD GAMES TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas 4 SD Di Desa Sudimoro Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang)

Fitri, Dita Kurnia (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN LABYRINTH BOARD GAMES TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas 4 SD Di Desa Sudimoro Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0130_ BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (824kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0130_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0130_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0130_ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0130_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Labyrinth Board Games Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas IV SD Desa Sudimoro, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian Pre-Experimental dengan desain one grup pretest-posttest. Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Labyrinth Board Games Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas IV SD Desa Sudimoro, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang berjumlah 21 siswa . Teknik pengambilan sampel menggunakan total teknik sampel. Pengambilan data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan uji Paired Sample t Test dengan bantuan IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Labyrinth Board Games berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Paired Sample t Test dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05 dan T skor sebesar -17.282. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes pemahaman konsep matematika yaitu pengukuran awal (pretest) 52,5 dan pengukuran akhir (posttest) 75,3.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Galih Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Pembelajaran Realistic Mathematics Education, Media Labyrinth Board Games
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:55
Last Modified: 23 Apr 2021 03:55
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2176

Actions (login required)

View Item View Item