PENGARUH MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KEPATUHAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI MTS MUALLIMIN KATEKAN TEMANGGUNG

HUDA, MIFTAKHUL (2020) PENGARUH MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KEPATUHAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI MTS MUALLIMIN KATEKAN TEMANGGUNG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0008_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0008_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0008_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0008_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0008_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Kepatuhan Siswa pada Tata Tertib Sekolah di MTs Muallimin Katekan Temanggung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di MTs Muallimin Katekan Temanggung yang berjumlah 108 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengetahui variabel mata pelajaran aqidah akhlak dan kepatuhan siswa pada tata tertib sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui pengaruh mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kepatuhan siswa pada tata tertib sekolah menggunakan bantuan program perhitungan SPSS for windows versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Maullimin Katekan Temanggung yang berada dalam kategori cukup sebanyak 5 responden dengan presentase 18.5%, dalam kategori baik yaitu sebanyak 12% responden dengan prosentase sebanyak 44,5%, sedangkan sisanya yaitu sebanyak 10 responden dengan prosenrase 37% dalam kategori sangan baik. Selanjutnya kepatuhan siswa pada tata tertib sekolah di MTs Muallimin Katekan Temanggung berada dalam kategori cukup sebanyak 2 responden dengan prosentase 7,5%, dalam kategori baik senyak 18 responden dengan prosentase 66,5%, sedangkan sisanya sebanyak 7 responden dengan prosentase 26% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut maka dapat dikatakan bahwa mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Muallimin Katekan Temanggung dapat dikategorikan baik. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kepatuhan siswa pada tata tertib sekolah di MTs Muallimin Katekan Temanggung. Hal ini dibuktikan karena Perolehan nilai r hitung yaitu 0,778 lebih besar dari r tabel yaitu 0,381. Jika dikonsultasikan pada tabel interprestasi maka tingkat koefisisen korelasi berada dalam kategori cukup. Besarnya pengaruh variabel mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kepatuhan siswa pada tata tertib sekolah diketahui dengan rumus koefisien determinasi sebesar 60,8%, sedangkan sisanya sebesar 39,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak penulis teliti.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan M. Tohirin, S.Ag., M.Ag
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:21
Last Modified: 20 Oct 2020 04:21
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item View Item