EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING DAN SELF-CONTROL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Magelang)

Fitriani, Herfina (2020) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING DAN SELF-CONTROL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0034_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0034_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0034_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0034_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0034_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok dengan teknik Operant Conditioning dan Self-Control terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 16 siswa, 8 siswa sebagai kelompok eksperimen 1 dan 8 siswa sebagai kelompok eksperimen 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis parametrik One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik Operant Conditioning dan Self-Control sama-sama efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat pada peningkatan skor pretest dan posstest dari kedua kelompok tersebut, dimana rata-rata peningkatan skor pretest dan posstest pada kelompok eksperimen 1 sebesar 28,25 (21,41 %) dan kelompok eksperimen 2 sebesar 13 (9,52 %). Hasil uji Anova pada kelompok eksperimen dengan nilai probabilitas Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 dan nilai Fhitung sebesar 46,575. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik Operant Conditioning dan Self-Control efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons
Uncontrolled Keywords: Operant Conditioning, Self-Control, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:27
Last Modified: 15 Oct 2020 04:27
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item