Gilang Saputri, Nuraini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Randusari Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0078_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (706kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0078_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0078_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0078_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0078_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (489kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pada kelas III SD Negeri Randusari, Kecamatan Kepil, Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Designs, khususnya tipe One Grup Pretest-posttest Design. Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada kelas III SD Negeri Randusari yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik Yaitu denganUji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada pengukuran awal diperoleh skor pengukuran awal rata – rata 65, nilai minimal 60, maksimal 70. Selanjutnya diberi perlakuan menggunakan pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan dilakukan pengukuran kembali diperoleh skor rata – rata sebesar 89, nilai minimal 85 dan nilai maksimal 100.Uji hipotesis diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah .000 < 0,05 dan Z skor sebesar -3.932 sehingga hipotesis diterima. Kesimpulannya bahwa :”Pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa indonesia di Sekolah Dasar Negeri Randusari dapat diterima dan terbukti kebenarannya
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, MPd. dan Ela Minchah L.A. M.Psi. |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, CIRC, keterampilan membaca, bahasa indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 03:11 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 03:11 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1608 |
Actions (login required)
View Item |