PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Randusari Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo)

Gilang Saputri, Nuraini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Randusari Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0078_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (706kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0078_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0078_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0078_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0078_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pada kelas III SD Negeri Randusari, Kecamatan Kepil, Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Designs, khususnya tipe One Grup Pretest-posttest Design. Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada kelas III SD Negeri Randusari yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik Yaitu denganUji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada pengukuran awal diperoleh skor pengukuran awal rata – rata 65, nilai minimal 60, maksimal 70. Selanjutnya diberi perlakuan menggunakan pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan dilakukan pengukuran kembali diperoleh skor rata – rata sebesar 89, nilai minimal 85 dan nilai maksimal 100.Uji hipotesis diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah .000 < 0,05 dan Z skor sebesar -3.932 sehingga hipotesis diterima. Kesimpulannya bahwa :”Pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa indonesia di Sekolah Dasar Negeri Randusari dapat diterima dan terbukti kebenarannya

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, MPd. dan Ela Minchah L.A. M.Psi.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, CIRC, keterampilan membaca, bahasa indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:11
Last Modified: 15 Oct 2020 03:11
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item