PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA MISTERY BOX TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada siswa kelas IV SDN Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang)

Saputri, Miftah Kurnia (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA MISTERY BOX TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada siswa kelas IV SDN Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0153_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0153_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0153_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0153_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0153_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning dengan media mistery box terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian semu (Quasi Eksperimental), dengan model Pretest Posttest Control Group Desain. Subjek penelitian ini dipilih secara sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 36 siswa terdiri dari 18 siswa kelompok eksperimen dan 18 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis pilihan ganda. Uji validitas instrumen tes soal menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program IBM SPSS versi 20.00. Uji kesukaran soal dan Uji Daya pembeda dengan bantuan program Microsoft Excel 2010. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Independent Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning dengan media mistery box berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari analisis Uji Independent Sampel T-Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,043<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen sebesar 80,16 dan kelompok kontrol 75,28. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning dengan media mistery box berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons (0008015701) dan Ari Suryawan, M.Pd (0618128801)
Uncontrolled Keywords: model contextual teaching and learning, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:46
Last Modified: 18 Jan 2020 02:46
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item