Yuliati, Yuliati (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN SAINTIFIK. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0008_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (756kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0008_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0008_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0008_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0008_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (418kB) | Preview |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan saintifik siswa kelas IV
SD Negeri Danupayan dengan pendekatan tematik dengan media. Tujuan
penelitian untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan pendekatan tematik
dengan media berbasis teknologi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh media berbasis teknologi terhadap kemampuan saintifik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan model pre test –
post test control group design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas
kontrol.Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat,
dimana variabel bebas dalam penelitian ini yaitu media berrbasis teknologi
dengan pendekatan tematik dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu
kemampuan saintifik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV
SD Negeri Danupayan yang berjumlah 24 siswa dan seluruh siswa kelas IV SD
Negeri Bulu yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes kemampuan kognitif. Teknik pengumpulan data menggunakan uji-t untuk
menguji pengaruh media berbasis teknologi dengan pendekatan tematik terhadap
kemampuan .
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhitungan rata-rata post test kelas
eksperimen sebesar 76 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol sebesar 62.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan 0.013 < 0,05 Sedangkan Hasil
analisis data menunjukan nilai thitung 2.589> ttabel 1.608, artinya ada perbedaan
yang signifikan antara hasil post test kelas eksperimen yang menggunakan
pendekatan tematik dengan media berbasis teknologi dengan kelas kontrol yang
menggunakan ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh positif pendekatan tematik dengan media berbasis teknologi terhadap
kemampuan saintifik IV SD Negeri Danupayan.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar,M.Si.,Kons dan Ari Suryawan, M.Pd (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Media Berbasis Teknologi, Pendekatan Tematik, Kemampuan Saintifik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 04:26 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 03:51 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/97 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |