Rifa’i, Vinawatik (2019) PENGARUH DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA “BAKTIF” TERHADAP KEAKTIFAN SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0080_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (734kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0080_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0080_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0080_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0080_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Discovery Learning
dengan media BAKTIF terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar
Negeri Sawitan Mungkid Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (one groub
pretes postes) dengan model Pretes Postes Control Groub Design. Subjek
penelitian dipilih satu kelas. Sempel yang diambil sebanyak 20 siswa sebagai
kelas control dan kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan angket keaktifan belajar. Uji validitas instrument angket keaktifan
belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas
menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS For Windowsversi
24.00.Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Analisis data menggunakan
teknik statistik parametik yaitu Paired Sample T-Test dengan bantuan program
SPSS For Windows versi 24.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Discovery Learning
berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil
analisis Uji Paired Sample T-Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas
nilai sig (1-tailed) 0,000 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan,
terdapat perbedaan skor rata-rata angket keaktifan belajar antara Post Testsebesar
87,95% lebih meningkat dari pada awal pembelajaran hanya digunakan sebagai
Pre Test saja mendapatkan 80,8%. Hasil dari penelitian yaitu adanya peningkatan
sejumlah 7,45%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunakan model Discovery
Learningdengan media Baktif berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar
siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Hermahayu,MSi.,Psi dan M.A Noviudin Pritama, M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Media Baktif, Keaktifan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:24
Last Modified: 27 Feb 2025 06:31
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item