Kristanti, Tia (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN FLANEL CERITA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0001_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0001_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0001_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0001_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0001_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial melalui Pembelajaran Role Playing dengan Flanel Cerita
(Penelitian pada siswa SDN Cacaban 1 Kota Magelang).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan meningkatan
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui pembelajaran role playing dengan
flanel cerita. Subyek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Cacaban 1 Kota
Magelang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan
dua siklus yang terdiri tiga pertemuan setiap siklusnya. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi dan tes. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan
metode deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS
melalui pembelajaran role playing dengan flanel cerita. Hasil Pra tindakan ratarata
53,63 dengan ketuntasan klasikal 23,33% dan nilai dibawah KKM 76,67%.
Hasil Siklus 1 rata-rata 66,73 dengan ketuntasan klasikal 66,33% dan nilai
dibawah KKM 36,67%. Hasil Siklus 2 rata-rata 78 dengan ketuntasan klasikal
93,33% dan nilai dibawah KKM 6,67%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
role playing dengan flanel cerita dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial di kelas V SD.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si., dan Ahmad Syarif, M.Or. (pembimbing)
Uncontrolled Keywords: model Role Playing, hasil belajar IPS, flannel cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:21
Last Modified: 14 Feb 2025 06:55
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item