Hajar, Siti (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PUMATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0078_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (835kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0078_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0078_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0078_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0078_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar
pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media
puzzle match time (PUMATI) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
matematika materi bilangan jam kelas V di SD N Paremono kecamatan Mungkid.
Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen berbentuk True
experimental Design Type Pre test – Post test Control Group Design dengan satu
macam perlakuan yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik
sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 52
siswa yang terdiri dari 26 siswa kelompok eksperimen dan 26 siswa kelompok
kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil
belajar. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dengan menggunakan
Shapiro- Wilk dan uji homogenitas dengan menggunakan Levene Statistic. Teknik
analisis data menggunakan Statistic Nonparametric Mann Whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri
terbimbing berbantuan media PUMATI berpengaruh positif terhadap hasil belajar
matematika materi bilangan jam. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Statistic
Nonparametric Mann Whitney pada kelompok eksperimen didapatkan nilai sig
sebesar 0,000 (signifikansi < 0,05). Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan,
terdapat perbedaan skor rata – rata hasil belajar matematika antara kelompok
eksperimen sebesar 88,23 dan kelompok kontrol sebesar 76,27. Dengan demikian
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri
terbimbing berbantuan media PUMATI memberikan pengaruh yang lebih besar
atau signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dalam
pembelajaran matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd.dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Puzzle Match Time, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:18
Last Modified: 12 Feb 2025 02:18
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item