Laksono, Tri Hayu (2019) IMPLEMENTASI PERATURAN PRESIDEN NO 87 TAHUN 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0201.0043_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V.pdf - Published Version

Download (910kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0201.0043_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0201.0043_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 15.0201.0043_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf]
Preview
PDF
15.0201.0043_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris yang menggunakan data
primer, data sekunder dan data tersier. Pengumpulan data dilakukan menggunakan
teknik studi kepustakaan, observasi, wawancara dan penelusuran data secara online
maupun studi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa
Implementasi Perpres No 87 Tahun 2017 Tentang Pembentukan Pendidikan karakter
di Sekolah Dasar Magelang dengan sistem fullday school dilakukan melalui pertama,
perencanaan pelaksanaan pembentukan karakter yang meliputi kegiatan rutinitas
sekolah, kegiatan spontan serta metode yang digunakan dalam pembentukan karakter.
Kedua, proses pelaksanaan pembentukan karakter dilakukan dengan merealisasikan
program perencanaan seperti kegiatan keagamaan, kegiatan ketertiban, dan kegiatan
pembelajaran. Kemudian kegiatan spontan yang diwujudkan dengan kegiatan siswa
secara spontan seperti mengucapkan salam, sapa, terimakasih, dan lain sebagainya.
Selain tercover dalam berbagai kegiatan yang didesain sedemikian rupa, pihak
sekolah juga menggunakan berbagai metode yang tepat untuk proses pembentukan
karakter pada peserta didik. Namun kekurangan pegawai di wilayah Magelang
sebagai dampak pemberlakuan moratorium Pegawai Negeri Sipil yang paling
dirasakan dalam Implementasi Perpres No 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan
Pendidikan Karakter. Sejak peraturan ini diberlakukan, jumlah tenaga pendidik
mengalami kekurangan, perbedaan dasar perhitungan jumlah guru menjadi salah satu
faktor perbedaan penilaian tersebut. Untuk itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Magelang masih terus melakukan inventarisir jumlah kekurangan guru yang dialami
salah satunya dengan mengangkat guru tidak tetap atau guru honorer.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Suharso, SH., MH (0606075901) dan Dr.Dyah Adriantini Sintha Dewi, S.H.,M.Hum (0003106711)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Peraturan, Pendidikan Karakter, Fullday School, Hak-hak Anak, Kota dan Kabupaten Magelang
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:15
Last Modified: 17 Feb 2025 02:45
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item