Khuroisin, Rani (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhamamdiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0305.0005_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (657kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0005_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0005_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0005_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0305.0005_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (181kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model konstruktivistik
dengan media konkret terhadap hasil belajar IPA kelas III Sekolah Dasar Negeri
Ngadirejo Salaman Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model
Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas
III SD Negeri Ngadirejo Salaman Kabupaten Magelang. Teknik samping dalam
penelitian ini menggunakan total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 40
orang siswa terdiri dari 22 siswa kelompok eksperimen dan 18 siswa kelompok
kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes aspek
kognitif. Uji validitas instrumen tes hasil belajar dengan menggunakan rumus
product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan
bantuan program SPSS for windows versi 20.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari
uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan ANOVA dengan
bantuan program SPSS for windows versi 20.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran konstruktivistik
dengan media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan
dari hasil analisis One Way ANOVA dengan nilai sig 0,004 < 0,05. Berdasarkan
hasil analisis dan pembahasan terdapat perbedaan skor rata-rata nilai hasil belajar
IPA antara kelompok eksperimen sebesar 83,27 dan kelompok kontrol sebesar
73,11. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran konstruktivistik dengan media konkret berpengaruh terhadap hasil
belajar IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons., dan Ari Suryawan, M.Pd., (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Konstruktivistik, Media Konkret, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 04:12 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 06:40 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/88 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |