Lisaningrum, Naela (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KESADARAN LINGKUNGAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0021_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0021_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0021_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0021_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0021_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran
penggunaan model pembelajaran aktif dengan media audio-visual terhadap
peningkatan pemahaman kesadaran lingkungan siswa kelas 4 SD N Kalirejo 1.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi
experimen), dengan model Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang
digunakan merupakan sampel jenuh, diambil sebanyak 40 siswa yang terdiri dari
20 kelompok eksperimen dan 20 kelompok kontrol. Pengumpulan data
menggunakan metode tes. Tes ini digunakan untuk menguji sejauh mana siswa
mengalami perubahan pemahaman kesadaran lingkungan sebelum dan sesudah
mengambil tindakan. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analysis of varian (Anova) dengan program SPSS versi 23, yang
sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan kesamaan dua
varians (homogenitas) dan uji hipotesis.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif
model pembelajaran aktif dengan media audio-visual terhadap peningkatan
pemahaman kesadaran lingkungan. Bukti adanya peningkatan pemahaman
kesadaran lingkungan siswa yaitu adanya perbedaan signifikan antara nilai
posttest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yaitu nilai rata-rata
posttest antara kedua kelas 12 dengan rata-rata kelompok eksperimen 85 dan
kelompok kontrol 77. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model
pembelajaran aktif dengan media audio-visual terhadap peningkatan pemahaman
kesadaran lingkungan siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Kalirejo 1 : Selalu
Berhemat Energi

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons dan Rasidi, M.Pd(Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif, Pemahaman Kesadaran Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:01
Last Modified: 17 Feb 2025 06:55
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item