Anggraeni, Mira Natika (2019) PENGARUH AUTHENTIC LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0087_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0087_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0087_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0087_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0087_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan Aunthentic
Learning Berbasis Lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis dan
memecahkan masalah IPA.
Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek
penelitian dipilih menggunakan teknik sampling jenuh, kelompok eksperimen
terdiri dari 24 siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran
Aunthentic Learning Berbasis Lingkungan dan kelompok kontrol terdiri dari 24
siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis
data menggunakan analisis parametric one way ANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara
kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana nilai rata-rata kelompok
eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Aunthentic
Learning Berbasis Lingkungan berpengaruh dalam peningkatan kemampuan
berpikir kritis dan memecahkan masalah IPA siswa kelas V SDN 3 Temanggung

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si. Kons. dan Rasidi, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Aunthentic Learning, berpikir kritis, memecahkan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:59
Last Modified: 05 Feb 2025 02:02
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item