Irfan, M. Zaenul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA PUZZLES PICTURE GAME. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0305.0074_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (782kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0074_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0074_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (750kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0074_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0305.0074_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (345kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan media puzzle picture game
dalam pembelajaran IPA pada materi “Fungsi Alat Tubuh Manusia Manusia” di
kelas V SD Negeri Banyuwangi 2 Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang terdiri dari beberapa siklus yang terdiri dari pra siklus yaitu
pengamatan sebelum tindakan, siklus I terdiri dari perencanaan I, tindakan dan
observasi I. Siklus II terdiri dari perencanaan II, tindakan dan observasi II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran
aktif tipe kooperatif dengan media puzzles picture game dapat meningkatkan hasil
belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Banyuwangi 2 Bandongan Magelang. Hal
tersebut karena dalam pelaksanaannya, penelitian ini memperhatikan cara-cara
untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya memberikan nilai atas
pekerjaan siswa memberikan kompetisi melalui permainan puzzles dan
memberikan pujian kepada siswa yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan
baik. Pembelajaran melalui metode aktif tipe kooperatif dalam mapel pokok alat
pernafasan manusia dan hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga
> 75 % siswa tuntas. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas pada
kondisi awal atau pra tindakan hanya sebesar 60,21 dengan presentase ketuntasan
29,17%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 66,21 atau 54,17% dan
meningkat lagi menjadi 80,00 pada siklus II ketuntasan mencapai 91,67% dan
anak mengalami peningkatan hasil belajarnya.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd dan Dhuta Sukmarani, M.Si (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Media Puzzle Picture Game, Hasil Belajar, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 03:49 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:45 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/80 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |