Hardiningsih, Lukitasari (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA “MAGIC TIME” TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0169_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0169_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0169_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0169_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0169_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (211kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
talking stick dengan media magic time terhadap keaktifan belajar siswa kelas II
SD Negeri Payaman 1.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi
Eksperimental Design) dengan model Nonequi-valen Control Group Design.
Subjek penelitian mengunakan seluruh sampel yang ada (totality sampling).
Sampel yang ada sejumlah 48 siswa. 24 siswa kelompok eksperimen dan 24 siswa
kelompok kontrol metode pengumpulan data dilakukan dengan angket keaktifan
belajar siswa. Uji validitas instrument angket siswa mengunakan seorang yang
ahli untuk mevalidasi instrumen, setelah data dikatakan valid hasil dihitung
mengunakan bantuan program SPSS for windows versi 23. Uji reabilitas
mengunakan rumus crobach alpa dengan bantuan program SPSS for windows
versi 23. Uji prasarat analisis terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas.
Analisis data mengunakan analisis statistic parametric one way ANOVA bantuan
program SPSS for windows versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran talking stick
dengan media magic time berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa.
Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data pada kelompok eksperimen dan kontrol
mengunakan analisis statistic parametric one way ANOVA dengan nilai
signifikansi 0,0005 < 0,05 maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
ada perbedaan rata-rata skor posttest antara eksperimen sebesar 83,13 dan
kelompok kontrol sebesar 78,17. Hasil dari penelitian dapat simpulkan bahwa
penggunaan metode pembelajaran talking stick dengan media magic time
berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas II SD N Payaman 1.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd dan M. A. Noviudin, M.Pd (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Metode talking stick, magic time, keaktifan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 03:44 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:03 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/79 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |