Ikhsanto, Lina Qurrotaa’yun (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA THE CIRCLE OF SAINS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0198_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (982kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0198_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0198_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0198_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0198_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (238kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media the circle of sains terhadap
keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri
Kramat 4.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan desain
One Group Pretest-Posttets Design. Subjek penelitian menggunakan seluruh
sampel yang ada (totall sampling) pada kelas V SD N Kramat 4. Sampel yang ada
sejumlah 22 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen observasi keterampilan
proses sains siswa. Data dianalisis menggunakan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon
berbantuan SPSS 23.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri
terbimbing dengan media the circle of sains berpengaruh positif terhadap
keterampilan proses sains siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data
menggunakan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon dengan nilai signifikan 0,0001 <
0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga didukung melalui data
perbedaan antara hasil rata-rata pretest sebesar 22,3 dengan hasil rata-rata posttest
sebesar 33,7. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri
terbimbing dengan media the circle of sains berpengaruh terhadap keterampilan
proses sains siswa kelas V SD N Kramat 4.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Hermahayu, M.Si.,Psi. dan Ari Suryawan, M.Pd. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | model Inkuiri terbimbing, the circle of sains, keterampilan proses sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 03:40 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:21 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/78 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |