Iriyanti, Laras (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA MINIATUR EKOSISTEM TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN RANTAI MAKANAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0067_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0067_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0067_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0067_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0067_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (291kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
Problem Based Learning dengan media miniatur ekosistem terhadap peningkatan
pemahaman rantai makanan pada siswa kelas V di SD Negeri Kowangan
Kabupaten Temanggung .
Desain penelitian menggunakan eksperimen semu (Quasi Experimental)
dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah 47
siswa kelas V SD Negeri Kowangan tahun ajaran 2017/2018 yang terbagi menjadi
dua kelompok yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa
24 dan kelas VB sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 23. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan Nonprobality sampling dengan model
sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa tes soal pemahaman. Uji
prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis
data yang digunakan uji Mann Whitney U dengan bantuan program IBM Statistic
versi 24 for windows.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Problem
Based Learning dengan media miniatur ekosistem berpengaruh positif terhadap
pemahaman rantai makanan. Hasil analisis uji Mann Whitney U 0,000 < 0,05.
Peningkatan dari hasil tes pemahaman dengan rata-rata pretest dan postest
kelompok kontrol sebesar 7,9 sedangkan pada kelompok eksperimen sebesar 9,8.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd., Kons dan Rasidi, M.Pd (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran Problem Based Learning, Pemahaman rantai makanan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 03:37 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:53 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/77 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |