Nadhiroh, Kharisatun (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE AND EXPLAIN) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0043_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0043_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0043_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0043_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0043_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran POE
(Predict, Observe and Explain) berbasis Multiple Intelligence terhadap
keterampilan metakognitif siswa mata pelajaran IPA pada kelas 5 SD Negeri
Sumberarum 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain Pre-Experimental Designs,
khususnya pola one group pretest posttest design. Pembelajaran POE (Predict,
Observe, Explain) berbasis Multiple Intelligence diterapkan di kelas 5 A SD N
Sumberarum 1 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data penelitian yang
dikumpulkan melalui angket dan tes kemudian dianalisis menggunakan Uji Non
Parametrik dengan Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran POE (Predict,
Observe, Explain) berbasis Multiple Intelligence berpengaruh terhadap
keterampilan metakognitif siswa mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis
diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain) berbasis Multiple
Intelligence berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa mata pelajaran
IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. dan Rasidi, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain), Multiple Intelligence, Keterampilan Metakognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:26
Last Modified: 20 Feb 2025 02:49
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item