Khamilin, Khamilin (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA MIND MAPP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0305.0031_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (897kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0031_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0031_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0031_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0305.0031_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (554kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Index
Card Match berbantuan media Mind Mapp untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA di SDIP Salsabila Al Ikhsan Mungkid.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc
Taggart dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III semester II
SDIP Salsabila Al Ikhsan Mungkid yang berjumlah 19 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknis tes. Penelitian ini menggunakan teknik
analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Index Card Match berbantuan
media Mind Mapp berpengaruh secara positif terhadap peningkatan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut terbukti dari peningkatan rata-rata
hasil belajar siswa pada masing-masing siklus. Nilai rata-rata hasil belajar siswa
saat pratindakan mencapai 70,32 dengan persentase tuntas belajar klasikal
42,10%. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I meningkat menjadi 77,79 dan
persentase tuntas belajar klasikal 68,42%. Pada siklus II mengalami peningkatan
yang signifikan dengan rata-rata hasil belajar mencapai 81,42 dan persentase
tuntas belajar klasikal pun meningkat menjadi 84,21%. Berdasarkan hasil
penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Index Card Match
berbantuan media Mind Mapp dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPA dengan materi pokok Gerak Benda di kelas III SD Islam Plus
Salsabila Al Ikhsan Mungkid.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Arif Wiyat Purnanto,M.Pd (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Index Card Match, Media Mind Mapp, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 07:21 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:13 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/73 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |