Mayasari, Ida (2019) PENGARUH STRATEGI MEMBACA KWL (KNOW- WANT TO KNOW- LEARNED) MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0305.0044_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (829kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0044_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0044_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0044_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0305.0044_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi membaca
know-want to know-learned melalui media kartu gambar terhadap keterampilan
membaca pemahaman siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Kutoarjo Kecamatan
Kutoarjo Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan bentuk
Nonequivalent control group design. Teknik Sampling yang digunakan adalah
sample random sampling.Sampel yang diambil sebanyak 57 orang, yang terdiri
dari 28 siswa kelas kelompok eksperimen dan 29 siswa kelompok kontrol. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes. Uji validitas
instrumen tes dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji
reabilitas menggunakan cronbach alpa dengan bantuan program SPSS For
Windows Versi 22.0. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, dan uji
homogenitas. Analisis data menggunakan Paired Sample t-test dengan bantuan
program SPSS For Window Versi 22.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membaca know-want to knowlearned
melalui media kartu gambar berpengaruh positif terhadap keterampilan
membaca pemahaman Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis
Paired Sample t-test pada kelompok eksperimen didapatkan nilai sig (2-
tailed)sebesar 0,000 (signifikansi < 0,05). Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata nilai posttest Bahasa Indonesia
antara kelompok eksperimen sebesar 84, 4 dan kelompok kontrol sebesar 74, 6.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi membaca
know-want to know-learned melalui media kartu gambar memberikan pengaruh
yang lebih besar atau signifikan dibandingkan dengan strategi pembelajaran
konvensional dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si.,dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd.,(Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Know-Want to know-Learned, Media Kartu Gambar, Keterampilan Membaca Pemahaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 07:16 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 06:10 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/71 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |