Jayanti, Herdina Okta Dwi (2019) SAMPUL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA PAPAN PERUBAHAN WUJUD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0009_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (763kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0009_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0009_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0009_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0009_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
berbasis proyek dengan media papan perubahan wujud terhadap hasil belajar IPA
siswa Kelas III SD N 2 Temanggung II.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasy
Eksperimental Design) dengan model Noneeqivalent Control Group Design.
Subjek penelitian dipilih secara Nonprobability Sampling model sampling jenuh.
Sampel yang diambil sebanyak 42 orang, siswa terdiri dari 22 siswa kelompok
eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan metode tes hasil belajar IPA. Uji validitas tes hasil belajar
IPA dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas
menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows
versi 22.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas.
Anlisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu uji ANOVA untuk
menguji pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan media papan perubahan
wujud terhadap hasil belajar IPA dengan bantuan SPSS for windows versi 22.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai
posttest kelas eksperimen sebesar 84,31 lebih tinggi dari pada rata-rata kelas
kontrol sebesar 70,05. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Two Way Anova
pada kelompok eksperimen dengan nilai sig alpha>0,05 hasil belajar mempunyai
signifikansi 0,001 < 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil
posttest kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis
proyek dengan media papan perubahan wujud sedanglan kelas kontrol yang tidak
menggunakan model dan media pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd. Kons dan Ahmad Syarif, M.Or (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis proyek, media papan perubahan wujud, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:13
Last Modified: 13 Feb 2025 03:47
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item