Chayrunnisaa, Falaysa (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0018_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0018_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0018_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0018_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0018_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation yang dibantu dengan media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan non-equivalent control group design. 58 siswa digunakan sebagai sampel dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes. Instrumen diasumsikan valid dan reliabel.
Data dianalisis menggunakan Mann Whitney U-Test dengan bantuan SPSS vesion 22.0. Perhitungan statistik menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,028 <0,05 dengan -2.198 < -1,96. Selain itu, skor tes rata-rata kelompok eksperimen dinyatakan 0,4 lebih baik daripada kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berbantuan media konkret berpengaruh secara positif terhadapat hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si.,dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd., (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran group investigation, IPA, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:10
Last Modified: 07 Feb 2025 02:40
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item