Ariningtyas, Nur Fadilah (2025) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING TERHADAP PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0020_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0020_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (618kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0020_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0020_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0020_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (Skripsi)
 18.0301.0020_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok
teknik cognitive restructuring sebagai upaya dalam meningkatkan interaksi sosial
siswa di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode preexperimental yang menggunakan desain one group pretest posttest. Desian
penelitian ini digunakan untuk mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah
konseling kelompok selama 5 sesi pertemuan. Populasi pada penelitian ini sebanyak
35 siswa dan sampel yang telah ditentukan berjumlah 7 siswa dari hasil skor pretest
sebagai kelompok eksperimen. Sampel yang ditentukan menggunakan teknik
purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria atau ciri-ciri interaksi sosialnya
rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket
interaksi sosial yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan bantuan SPSS 25.0
for windows. Kemudian uji normalitas menggunakan metode Shapiro Wilk yang
menunjukkan normal sehingga digunakan untuk menganalisis data statistik
parametik yaitu Paired Sample T Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik
cognitive restructuring berpengaruh terhadap peningkatan interaksi sosial siswa
kelas X Busana 1 SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. Dapat dibuktikan dengan
hasil uji t yaitu signifikasi 0.001 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa konseling
kelompok teknik cognitive restructuring berpengaruh terhadap peningkatan
interaksi sosial siswa.
| Item Type: | Karya Ilmiah (S1) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Astiwi Kurniati, M.Psi. dan Nofi Nur Yuhenita, M.Psi. | 
| Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok; Teknik Cognitive Restructuring; Interaksi Sosial | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) | 
| Depositing User: | FKIP 18.0301.0020 | 
| Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:17 | 
| Last Modified: | 07 Oct 2025 04:17 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/6418 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      